Dotycat.come Akhir dari Berkarir dan Memulai yang Baru
Akhir dari Berkarir dan Memulai yang Baru
Akhir dari Berkarir dan Memulai yang Baru

Akhir dari Berkarir dan Memulai yang Baru


Bekerja di sebuah Perusahaan itu bisa dibilang menyenangkan juga bisa dikatakan membosankan. Orang seperti Gue emang ga pernah cocok kayaknya kerja di perusahaan manapun. Beberapa hari yang lalu Gue sempat menulis tentang Lika Liku Perjalanan Marketing Bank  dimana perjalanan disitu paling keren diantara pekerjaan-pekerjaan Gue di perkantoran lainnya. 

Ngga mudah memang nyari kenyamanan & kecocokan tempat kerja, begitu Gue merasa cocok dengan tempatnya tapi beberapa bulan kemudian Gue dipindah.

Well, sebenarnya ga ada yang disalahkan apalagi perpindahan tempat kerja udah menjadi tradisi perusahaan-perusahaan. maksudnya sih baik, tujuannya biar ga bosen, refresh / menghindari rasa jenuh. tapi kalo udah nyaman mau gimana?, kan belum tentu juga ditempat lain bisa betah.

Alasan-alasan seperti ini sebenarnya hanya selingan aja, tapi yang jelas alasan yang paling KUAT adalah Gue udah bosen jadi pegawai. Udah banyak hal yang udah Gue lakuin tapi tetep aja ga ada perubahan. semua terasa membosakan dengan banyaknya pekerjaan dan rutinitas-rutinitas yang tak kalah membosankan.


Selama 19bulan Gue bekerja di Bank BUMN lagi tepatnya di Bank BRI. setelah keluar dari Bank Mandiri, Gue harap ini tempat terakhir Gue dalam berkarir. Ga nyangka Bank segede gini masih menganut Outsourcing bagi karywan baru kala itu walaupun pada akhirnya sistem Outsourcing dihapus pada bulan desember 2012. 

Itupun karena ada peraturan Bank Indonesia terbaru, dimana semua Bank Pemerintah wajib menghapus sistem Outsourcing walaupun pada kenyataannya masih ADA Bank Pemerintah menggunakan sistem Outsourcing. whatever.. I dont care!

Awalnya Gue sangat menikmati pekerjaan ini tapi setelah menginjak tahun pertama ada perubahan Visi & Misi dalam hidup Gue. disela-sela rutinitas Gue sebagai Pegawai Bank, Gue juga di sibukkan bisnis online. berjalan 13bulan Gue investasi bisnis Kaos Distro sama temen Gue. 

Niat awal berkarir harus Gue urungkan dan banting setir jadi bisnisman. sebelum kita bahas tentang bisnis, ada beberapa pernyataan yang mungkin bermanfaat :

Berdasarkan Penglaman

Berkarir dalam sebuah Perusahaan itu ga gampang mengingat begituu banyaknya karyawan berlomba-lomba menjajak karir yang lebih tinggi. Karena Gue konteksnya di Bank BUMN, ada beberapa kategori agar para karyawan bisa menjadi pegawai tetap :

# Marketing Bank : Posisi ini sebenarnya awal mula karir para Bankir di BRI. dibawah posisi ini (misal : teller, CS, Adm, Sekretaris, DJS, IT Support, Petugas ATM, dsb) masih dibilang CUPU atau belum kelihatan jenjang karirnya. bagi karyawan yang lulus tes AO/Mantri/FO merupakan hal yang menyenangkan dan merupakan titik aman pertama dalam berkarir. 

Selain Grade naik, gaji juga naik meski ga jauh berbeda dengan Undercontract (kontrak langsung dari BRI tanpa Outsourcing)

# ADK (Administrasi Kredit) : Posisi ini hanya ada pada Kantor Cabang, KCK, Kanwil, dan Kanpus. kalo di Unit namanya CS (Pelayanan Nasabah & Kredit Adm). di Unit harus di tuntut serba bisa, gabisa hanya menghandle satu Jobdesk yang udah jadi ketetapan SK. 

Disinilah yang namanya Loyalitas dituntut dimana pekerjaan yang harusnya dua/tiga orang di rangkum jadi satu orang dengan Gaji yang sama tanpa uang lembur meski karyawan pulang melewati jam kerja. apalagi posisinya sebagai ADK, bisa sampai nginep-nginep deh. menurut pernyataan beberapa temen Gue, posisi ini lebih baik daripada Marketing yang selalu dikejar target.

# Petugas Valas : Nah kalo posisi ini paling nyantai diantara posisi-posisi yang lain. sepengetahuan Gue, jobdesk yang ini sibuk-sibuk nya kalo ada penukaran uang asing (namanya juga petugas valas), dan membackup ambil uang ke Unit-Unit bawahannya karena Petugas Valas hanya di temukan di Kantor Cabang.

# PPS BRI : Banyak kalangan mengincar Posisi ini. gimana engga, sekali diterima dapet Grade 7 setara dengan RA atau Asisten Manajer Pemasaran (AMP). hanya saja poisi ini tak mudah kita dapatkan. persyaratannya minimal harus dari Universitas Unggulan (Negeri/Swasta) Misal : Atmajaya, Trisakti, UI, dsb. dan IPK juga minimal diatas 3.00. 

Katanya, Tesnya sangat banyak dan berbelit-belit. wajar saja Posisi ini hanya di isi oleh orang-orang yang punya tingkat IQ-nya tinggi & bener-bener kompeten. kalo Gue sih gabakal deh, wkwkwkk

# IT Support : Posisi ini sangat jarang ada peluang, karena dalam satu cabang hanya dibutuhkan SATU IT dan itu di tempatkan di Cabang, dan Unit-Unit dibawahnya tidak diperlukan. IT Support di Bank jangan di samakan dengan IT Support di perusahaan swasta atau perusahaan yang memang di bidang teknologi. Sangat Jauh Berbeda..

Beberapa Kriteria yang Mudah & Cepat jadi Pegawai Tetap

Ada beberapa kriteria bagaimana para karyawan mudah menjadi pegawai tetap (sepengetahuan Gue btw)

- Sepinter/Serajin apapun kamu bekerja, belum tentu karirmu bisa naik kalo tidak bisa bergaul dan mendekat sama yang punya wewenang atas karirmu. fakta dilapangan, Gue melihat ada seorang pegawai sangat taat pada peraturan kantor, Rajin/Tekun, nurut kata atasan, dan punya nilai SMK yang cukup bagus. tapi karir untuk menjadi pegawai tetap sangat lama. 

Bayangkan untuk menjadi Pegawai Tetap dari jenjang karir Marketing Kontrak (Mantri) hampir 4tahun. padahal normalnya, 1-2 tahun udah bisa itupun kalo target tercapai. Nah kekurangan seorang pegawai ini adalah kurang bisa bergaul, dan tak ada kedekatan khusus dengan orang yang punya wewenang atas karirnya.

- Punya Koneksi dengan orang yang punya wewenang. ini biasanya ada saudara atau titipan keluarga agar yang dititipkan ini diberi posisi yang enak. contoh : di kantor Gue pun ada Manajer Operasional yang dikala pengangkatan jabatannya masih berusia 24tahun. bayangkan kalo tidak ada Koneksi yang Kuat ga mungkin banget dapet posisi se'enak itu. lah umumnya umur 24 itu masih di Frontliner (CS, Teller, Sekretaris).

Perhitungan Gue, dan Pembelotan Visi & Misi 


Satu Tahun masa kerja sebagai FrontLiner baru bisa mengikuti Tes Mantri. dan Masa kerja mantri minimal setahun untuk menjadi pegawai tetap itupun target harus tercapai 100%. ada yang setahun diangkat, ada yang dua tahun baru diangkat, bahkan ada juga yang bertahun-tahun tetap jadi Mantri Kontrak.

Per-Desember 2013 Gue memutuskan resign dari kantor setelah menimbang keputusan besar beberapa bulan sebelumnya. sebelum Gue resign, Gue coba mengikuti tes mantri berhari-hari & Alhamdulillah Lolos. tapi menjelang Tanda Tangan Kontrak Gue batalkan posisi ini dan lebih memilih resign untuk fokus berbisnis. Banyak kalangan menyayangkan keputusan yang katanya KEPUTUSAN GOBLOK ini. mulai dari pihak atasan, keluarga, saudara, kerabat dekat, dan teman-teman.

Bagi Gue dalam jangka waktu 2-3tahun udah bisa Gw prediksi berkarir di Bank tersebut (kecuali ada perubahan manajemen kerja) seperti apa?. udah banyak gambaran-gambaran yang Gue lihat berdasarkan fakta, dan Gue merasa ga nyaman. dari pada berjalan dengan keterpaksaan, Gue lebih memilih jalan hidup yang bener-bener pilihan Gue. karena gimanapun alasan nya, yang tau mana yang terbaik ya diri Gue sendiri. 

Hidup dalam kemunafikkan sama halnya sia-sia. walaupun Gue tau hidup yang sekarang lebih banyak resiko & tantangan, tapi inilah pelajaran hidup Gue yang lebih berarti & menurut Gue menyenangkan. apapun keputusan Nya, kita harus yakin & ketahuilah dibalik keputusan/ketetapan hidup yang kita pilih ada peran Tuhan disana yang sedang merencanakan yang terbaik dari yang kita rencanakan :).

95 Komentar

+ Tambahkan
Makasi kak tulisannya bermotivasi sekali hehehe
siiip.....
ya keputusan yang tepat yang goblok adalah orang yang menggoblokkan anda sebab keputusan anda itu adalah keputusan yang sangat jarang tiada tandingannya,biasanya rata rata orang kalo mau keluar dari bank beralasan kalo saya keluar dari bank terus saya makan apa? inilah alasan yang berasal dari guru mereka yaitu iblis.tetapi sebenarnya alasan ini sangat mudah dijawab ,jika pertanyaannya seperti itu jawablah sebelum kamu masuk bank kamu makan apa? jika dijawab makan nasi berarti nanti kalo keluar dari bank makanmu juga nasi.seolah olah jika keluar dari bank akan mati.pastilah mereka kembali beralasan lagi terus siapa nanti yang akan memberi makan? jika saya keluar dari bank.maka jawablah yang memberi makan adalah allah.
keren
apanya yg keren gans? :3
iya udah biasa masgan saya dpt kritikan, ledekan, dll. tp saya cuekin aja.. gada gunanya ngeldenin org2 macem gitu. buktinya smpe skr udh hmpir 2th (stlh resign) hidup saya baik-baik aja. malah income jauh beda drpd waktu msh kerja kantoran. cuman yg namanya bisnis pst ada naik/turunnya. tinggal kitanya aja, siap atau enggak?. thanks gan feedbacknya :)
salam kenal bro galang :D
OK (y)
Saya juga berasal dari bank yang sama dan sudah resign juga, dan banyak juga yg menyayangkan resign, tapi Alhamdulillah dengan baca postingan ini jadi merasa keputusan saya tepat, inti nya sih selama saya 2 tahun bekerja saya tidak melihat jenjang karir yg mulut belum lagi dapat atasan yang sentimen sama saya, karena saya pindahan dari unit "saingannya"
Salam kenal gan Fajar saya masih pegawai BRI yang baru diangkat mantri kontrak dan ada target yang harus dicapai sedangkan sekarang2 ini cari nasabah tidak semudah jaman dulu, saya juga ada rencana resign dan mau berbisnis karna jadi banker pulang malem terus. Ada saran gan Fajar tips untuk memulai berbisnis ?? karena rencananya saya juga mau buka distro. terima kasih...
yap, masih banyak yg lbh baik vroh. bbrapa diantara teman se-angkatan udah resign, dan masih banyak jg yg msih berkutat di perbankan. sbnrnya mereka juga udah bosan (pengen resign) cuman msh takut. takut kalo ga dapet kerjaan yg lebh baik. yg udah jadi organik (peg tetap) aja masih di kejar-kejar target.
semangat brader.. hidup terus berjalan. yang udah.. yaudah lewat aja (y)
yap salam kenal balik bro..
ya belum lagi kalo ada nasabah nunggak. pusingnya bukan main.. malah banyak yg nombokin temen-temen saya.
kalo menurut saya, agan mulai aja sama bisnis yg kiranya berhubungan sama hobi. misal hobi design : ya biasa ngedesign T-shirt, baju, atau design grafis (banner, logo, dsb). untuk selengkapnya agan bisa baca artikel saya yg ini jurnal.fajarpagi.net/2014/10/mencari-ide-bisnis-bareng-yuk-tips-dan.html
Hallo agan fajar...sangat inspiratif sekali blog anda...
Sekarang sya bekerja d bank dan mnjadi mantri,,tapi seiring berjalan waktu sya merasa jobdesk ini bukan passion saya...saya sudah merencanakan kluar..saya hanya tinggal menunggu evaluasi pertama..
Banyak yang bilang keluar dari bank ini sangat di sayangkan,tapi sekarang kembali lagi di saya,jika saya sudah tidak ada kemauan di sini kenapa harus di paksakan,toh jika di paksa kan kerja juga tidak akan fokus,nggak nyaman..banyak sekali faktor yang buat saya segera ingin kluar dari jobdesk ini.

Posyingan ini membuat saya semakin mantap ambil keputusan kluar dari dunia perbankan mantri,,ini bukan jobdesk yang saya harapkan.
Saya hanya tinggal menunggu evaluasi saja..
Kenapa juga di terusin jika memang tidak membuat kita nyaman.

yap, do what you want bro. kalo msh bujangan (blm nikah) msh bisa nyari2 yg lain. kalo kita msh punya harapan ditempat lain (yg lbh baik, yg lbh cocok jg tentunya) jgn takut ambil keputusan itu. thx udah mampir.. & good luck bro!
salam kenal agan fajar
saya juga pernah di posisi ente gan frinliner tapi belum jadi mantri trs resign
tp kalo di goblok in di sayang kan sama kita haha
resign krna pengen jadi polisi tp enggak ktrima haha parah
tp yang bikin kadang suka bertanya2 sama diri sndiri dalam hati kecil masih pengen balik kerja lagi di bank mantan itu wlpun inget kerjanya gimana pulange jam berapa
ada saran gan buat gue
Assalamualaikum kang,
Saya belum prnah sih kerja d perbankan bukan gk mau tapi selalu gagal interview nya soalnya saya gk pinter berkata-kata (maklum lah bukan pujangga) hahahaha.
Tapi saya ngerasain tuh kondisi kerja gk nyaman kaya gimana, pas waktu mutusin keluar juga sama banyak yang menyayangkan tapi gimana lagi diterusin juga malah ngebatin, toh yang ngerasain gmna gk nyaman nya diri kita bukan bukan mereka, bner gk kang.
👍👍👍👍
Bang mohon pencerahannya, sistem resign dr frontliner BRI gimana ya ? dikontrak kan sistem kontrak dua tahun dengan perpanjangan kontraknya misal udah capai taun pertama ttd lagi.Kalo resign pas taun pertama pasti kena pinalty kan bang ? kalo pas berakhir di taun kedua masih ada pinalty gak ?
makasih
wah baru tahu kalo 2tahun. bukannya perTahun ya?
biasanya sih perjanjian kerja jg mengikat kena dendanya apa enggak. kalo 2th meski tahun pertama udh target, biasanya kena denda. intinya tergantung surat kontrak kerjanya bro. tp cb konsultasiin lg sama BRI.
good luck ya
saya sedang ikut rekrutmen di bri posisi frontliner, pihak vendor bilang kalo batas usia maksimal adalah 35, jadi lbh dari di cut
kalau ingin jadi organik/karyawan tetap, harus jadi account officer, mantri, intinya mencicipi dunia marketing
sementara kendala saya adalah saya tdk mahir bawa motor
apakah itu hanya trik saja utk menakut2i calon karyawan atau mmg harus kudu wajib begitu prosedurnya bang??
iya kalo untuk jd peg tetap/organik hrs lewat marketing. kalo soal bisa/enggaknya naik motor, alah itu mah akal2an aja. saya dl punya temen cewek mantri & gabisa naik motor. sampe skrg malah udah jadi pegawai tetap. jd temen saya ini menjalin hubungan baik sama teman seprofesinya.. jd kemana-mana nebeng, kdg jg dianterin. nah sambil berjalan, kamu jg bs sambil belajar naik motor. kalo ada mobil nyetir mobil jg gpp. tp kalo unt market UKM kebanyakan kan masuk gang.. jd ya wajib naik motor. intinya pinter2 memanfaatkan keadaan aja sih...
Postingan yang bagus mas. Aku Mau nanya juga nih. Kalo semisal udah setahun di frontliner, apakah ada kemungkinan kontraknya diputusin dri pihak BRInya? Dan juga untuk menjadi karyawan tetap harus jdi mantri (marketing) kan yah dan target harus capai 100%. Targetnya itu berupa apa yah mas? Mencari nasabah? Atau yg lainnya? Terima kasih
tetep diperpanjang kok. di BRI toleransinya gede. kalo mau jd peg tetap jalurnya emg harus jd Mantri/AO/FO. soal jumlah target kalo di unit kalo ga salah 3-4M/tahun. kalo di KCP atau KC bs 12-14M/tahun.
Oh gitu yah... jadi kalo seumpama kita gak memenuhi target apakah kita bakal jdi karyawan kontrak seterusnya yah?
ada batas umur pensiun jd ga selamanya. toleransi paling kurang lebih 6bulan. kalo mau aman jadi CS/teller aja. bs sampe pensiun disitu.
Ohh kalo jdi teller/cs selamanya bisa yah? Tapi apakah statusnya hanya tetap kontrak hingga pensiun mas?
Oh kalo semisal kita main aman dgm cara jdi cs atau teller hingga pensiun brarti statusnya tetap kontrak yah mas? Brapa batas umur pensiun kalo bri mas?
untung2an bs jd peg tetap di frontliner. batas maximal pensiun unt frontliner (cs/teller/djs, dan sekelasnya) kalo ga salah skrg 50th. gatau ya kalo ada perubahan lagi. udah hampir 4tahun resign jd lupa.
Makasih bnyak infonya mas...
yap, sama2. good luck yaaa...
Halo mas saya tertarik dgn dunia pervankan karena liat temen kayaknya keren kerja di bank . Dan akhirnya gw coba lamar ke bri melalui outsourcing saya skrg udah selesai mcu di unit sbg sales person . Bisa jelasin jenjang karir sales person ? Saya tamatan sma dan gak ada pengalaman sales . Rejeki keterima di bank . Saya terima soalnya saya pengen kerja di bank dan udah 5 bulan nganggur . Saya yakin bosa di fl tapi ijazah d3 saya waktu itu belum keluar . Semoga saya bisa betah yaa jdi sales person
biasanya salesperson naiknya ke mantri. secara pekerjaan ga ada bedanya sama mantri tp soal gaji, tunjangan, dsb.. sangat berbeda. ada jg yg dr salesperson pindah ke CS kur. lbh baik dapetin dl ijazah D3/S1 nya buat karir kedepannya pasti baik. jalur pegawai tetap kebanyakan harus melalui mantri/ao/fo dulu. kalo yg lain2 kesempatannya sedikit. good luck ya
Saya mau tanya mas. Sy br kerja di bri 1 bln bagian teller tp saya ga snggup krjanya dn mw kluar. Tp saya ga snggup byr pinalty . Dan apa dengn cara saya relain ijazah saya ditahan saya ga dikejar pinalty?
emg mbak titin udah ga btuh ijazahnya? udah jadi konsekuwensi. kalo masih butuh ijazahnya ya harus habisin sisa kontrak dl, kalo ga mau ya hrs bayar pinalti. kalo udah ga butuh ijazahnya ya itu pilihan ya.
Kalo saya udh ketrima dikantr lain gimana mas? Ijazah saya gpp deh di bri, tapi apa saya ttp harus bayar pinalty? Atau klo sy mau ambil baru saya bayar pinalty. Nya
ambil ijazah = bayar penalti (jaminan). nggak di ambil jg gpp ga kena penalti. emg ijazah apa mbak? udah nggak butuh emang?
D3 mas hutuh cuma sya ga sanggup byr dn ga sanggp buat kerja disitu lg, mas fajar masih kerja di bri yh? Bagiian apa
bro....ak FL sudah 3x ikut tes mantri n g lolos krna alasan ad saudara kandung....mau resign jg mkir2 tp klo brtahan ya naik2...gmn bro
masa sih gara2 ada sodara? di lingkungan gw dulu ga ngaruh tuh. asal ikutin prosedur aman2 aja.
Saya juga sudah resign dari bank yg sama. .Saya kerja 2 tahun sebagai cs dan sya fikir sebagai cs d bank itu harus jadi dewa apa-apa harus serba bisa dan pekerjaan macam2 smua harusnya dikerjakan 2-3 orang harus dkerjakan sendiri.. Kadang mikir ini kita manusia loh bukan robot. Selesai pelayanan nasabah harus ngerjain ini itu laporan,persiapin berkas buat realisasi esoknya, benerin neraca,dan masih banyak lagi tugasnya, saking banyaknya sampe gk bs dsebutin satu2, Mana pulangnya gak pernah lihat matahari.. Dan jenjang karirnya juga gak jelas bgt..intinya yg deket sama atasan yg lancar jenjang karirnya... Hufth.. Tp udah lega juga sih resign dan banyak ternyata Temenny yg merasakan yg saya rasa.. Hihihi
hahaha sama2 punya kisah memilukan ya?
btw jgn pake anonim donk. santai aja. blog ini jg dibaca loh sama ex bos saya. senyam-senyum aja kalo lg ketemu saya :P
Mantabs blog ente bung! Lumayan buat share inpoh...ane kebetulan lg proses resign juga...haha..
Good luck gan...
.
.
.
.
.
Resign nya hahaha
Manger operasional bri kerjanya ngapain aja mas
Maaf mbak titin nggak sanggup nya dimana ya? Krn saya teller sdh 3 thn & sangat memahami liku2 pekerjaan teller. Manatau kalo jd beban silahkan bs sharing.
Mmg ga sanggup nya di bagian mana ya mbak. Saya jg teller 3 thn d bank swasta kalo merasa ada beban bs sharing :)
mungutin aqua bekas gan :v
Maaf mbak titin nggak sanggup nya dimana ya? Krn saya teller sdh 3 thn & sangat memahami liku2 pekerjaan teller. Manatau kalo jd beban silahkan bs sharing.
Maaf mbak titin nggak sanggup nya dimana ya? Krn saya teller sdh 3 thn & sangat memahami liku2 pekerjaan teller. Manatau kalo jd beban silahkan bs sharing.
Kalo bagian IT gmna prospeknya gan?? Dari outsorcing menjadi tetap ada kemungkinan gak??
Ane skrng bekrja di perusahaan swasta dengan gaji lbih sedikit diatas UMP, kmrin sy ikutas tes untuk bagian IT di BRI, kalo misal sya diterima di BRI, kira" mnurut agan fajar gmna bagusnya langkah yg sy ambil,,?? Terima aja ataw?? soalnya agan lebih tau internal BRI...
IT di BRI kerjanya santai gan. upgrade database, maintenance server, urus jaringan yg error (itu jg dibantu divisi IT pusat). kalo soal jenjang karir di BRI, awal mula dr marketing gan. kalo di IT tetep aja kontrak. kalo ada lowongan paling2 ADK, itu juga jarang banget. paling cepet itu Marketing.
Kalo mslh gaji, apa benar gajian di bri bisa smpe 20kali dlm setahun??
Apa itu juga brlaku buat outsourcing??

Kalo lebih dr 12x iya (biasanya ada : THR, insentif, bagi laba keuntungan, dsb) kalo sampe 20x ane gak tahu. Outsourcing tetep dapet tapi ga sebesar undercontract BRI langsung & Peg tetap.
Mas. Kalau semisal diangkat jadi mantri trs ditempatkan ditmpt yg kt ga mau.kt Bisa nolak penempatanx ga sih?
skr pilihannya ada 2 : mau tetep jadi mantri? atau resign?
udah itu aja. soalnya mereka nyari yg dibutuhkan (bukan kita yg milih).
kalo mau pilih2 kerjaan sesuai bidang, cari aja perusahaan lain. masih banyak!
Asaalamualaikum mas fajar , alhamdulilah aku baru resign dari BRI rasanya kyk 3 tahun gendong batu di punggung setelah resign rasanya legaaa ,dulu sih mikirnya kerja di bank itu enak tpi setelahnya kerja ternyata realitanya gak sesuai sama ekspektasi aku, dari kerjaan cs yg super numpuk, blum lagi dana2 bantuan dll yg deadline harus dicairkan. Intinya kerja di bank itu gak se enak yg dilihat mata deh ,kalo udah jalanin baru bisa tau gmna perjuangan pegawai bank 😊😊
Wa'alaikumsalam wrwb..
yap, kerja di Bank itu menang gengsi, orang lain memamdangnya WAH, kesannya udah mapan. padahal kenyatan nya PAHIT. thank u ya udah mampir :)
Assalamualaikum mz fajar.. maaf kalo agak menyimpang nih.. jadi beberapa minggu yg lalu saya ditawari untuk memperbarui pinjaman dgn menambah nilai pinjaman sama mantri BRI. dgn syarat harus melunasi seluruh kredit yg ada,baru bisa diperbarui. karna saya butuh tambahan modal akhrnya saya setuju. tp setelah pelunasan mantri ini memutuskan secara sepihak, pengajuan kedua saya ditolak. apakah ini strategi mantri untuk karirnya?? saya bisa mengadukan perihal ini kemana karena saya merasa dirugikan. usaha saya akhirnya mati suri.. dan ternyata ada beberapa orang yg nasibnya sama kaya saya. dgn mantri yg sama pula
kalau saya merasa dirugikan sama mantri yg suka obral janji ke nasabah, kemana saya harus melapor mz?? mohon jawabannya
Wa'alaikum salam wrwb.
kalau demikian kemungkinan ada 2 alasan :

1) mantrinya sengaja membuat Anda di paksa melunasi karena mungkin ngejar target pencapaian dia (mantri). ujung2nya demi mencapai nilai SDM terbaik di kantornya.

2) saya mau tanya, pinjaman Anda selama ini baik2 saja atau ada tunggakan atau ada masalah lain? yg mungkin mantrinya kurang teliti (sebelum penolakan). karena pengajuan kedua juga bakal di verifikasi.
kalau ada masalah langsung saja minta ketemu kepala unit/kepala cabang pembantu/kepala cabang. jelaskan permasalahannya.
Bang kalo jenjang karir di bank mandiri dari teller dengan ijzasah sarjana hukum? Bisa nggak bang di angkat jadi pegawai tetap dan jenjang karirnya bagus di bank ?
bisa kok. banyak (dulu dijaman saya). kalo soal di angkat jd peg tetapnya ya kan dihitung dr nilai kinerjanya. kalo SDMnya bagus, memenuhi syarat, bisa di angkat jd peg tetap.
Saya mantan pegawai bri. Posisi terakhir sbg IT suport. Dan saya memutuskan resign krn sesuatu hal. Total 6 tahun sya kerja disana. Mulai dari frontliner, mantri, terakhir IT suport. Tp gak seindah yg dibyangkan bnyak orang. Kerja di bri dituntut loyalitas tinggi. Dan harus pandai menjilat kepada atasan biar kita dimudahkan dlam segala urusan. Baik urusan kerjaan, urusan gaji, urusan bonus, banyak deh. Dan kerja di bri saya paham betul dan mengajari saya siapa teman siapa musuh dan siapa yg pura2 jadi teman.
kalo soal jilat menjilat, mana teman mana musuh, dsb. gw rasa ga cuma BRI setiap perusahaan juga ada. jd ya pinter2 bawa diri aja. lagian ngapain komen pake nick anonym? -,-
takut bener ente
halo mas, ada yang ingin saya tanyakan terkait ADK. Kalau masnya tahu, ADK ini gradenya 5 atau 6 ya? dan gajinya kisaran berapa apakah ada insentif bulanannya? dan apakah bisa dari ADK kontrak lalu pegawai tetap bilamana prestasi bagus dan bisa cari muka dengan atasan dapat kesempatan unutk ikut PPS internal? terima kasih sebelumnya
setahu saya ADK gradenya 5 (selevel CS, Teller, DJS, IT Support). jaman saya msh undercontract BRI langsung (bukan outsourcing), kalo nilai SMK bagus (memenuhi kriteria peg tetap) bisa ikut promo naik jabatan ke pegawai tetap. soal gaji sama kayak CS, dan selevelnya. soal PPS saya udah lupa. intinya : persyaratannya sangat banyak. interview aja bisa 5x (dulu ada yg cerita dr kantor teman yg ikutan PPS)
Mas saya baru saja di terima di BRI sbg CS melalui vendor mutu*l ++ dan saat ini masih masa training di unit sambil nunggu SKnya turun untuk penempatan. Ijazah saya juga ditahan. Yg ingin saya tanyakan apakah saya dikenakan penalty kalau resign? (Orang BRI bilang kena 25 juta) padhal saya merasa blm tanda tangan kontrak. Itu gimana mas?
kalau blm teken kontrak belum kena penalty (kan belum tanda tangan). denda di BRI itu ada perhitungannya (lupa cara ngitungnya. cari aja di komen2 atas pernah ane bahas)
Selamat siang, TGL 6 Februari 2019 besok ini saya mulai bekerja di bank Br* dan saya posisi sebagai FO dan masih PKWT. saya sebagai tenaga pemasar di lapangan di bidang dana, nah saya ingin menanyakan untuk posisi pekerjaan saya ini bagaiamana ya ? karena saya masih pertama kali masuk di bidang perbankan.
FO = Funding Officer (mencari dana simpanan : deposito, tabungan, dsb). temen2 saya banyak yg merasa " lebih sulit drpd jadi AO ". minta di ajari gan sama senior + sering2 sharing sama temen se-angkatan.
Mas fajar, saya mau tanya , saya kan cs , saya di kontrak satu tahun, ini mau jalan 3 bln, saya mau resign, utk dendanya brp ya, gaji pokok di kali sisa kontrak, apa total gaji di kali sisa kontrak ? Mas fajar ada kontak tidak, saya mau sharing lebih jauh lagi, terima kasih
agak lupa perhitungannya. tapi kalo ga salah gapok x 12 bulan (kontrak kerja) : sisa kontrak .coba tanya2 lagi ya takutnya salah.
ada, klik aja email di menu contact blog ini
Mas fajar ini No WA saya 081327627375, tolong di add mas, atau mas nya kalau ndak mau ne add, bisa minta no WA nnya, saya lagi butuh masukan mas, saya mau resign.
share dimari aja gan biar pada baca, jd bahan referensi yg lain juga. pake anonim jg gpp. soal resign, karir, dsb. banyak yg curhat jg via komentar di artikel " Lika-Liku Perjalan Marketing Bank " . kalo ente telaten baca komen 1/1 dari atas sampe bawah bakal banyak nemu referensinya.
Oalah siap mas fajar .Soalnya saya bingung, saya dpt info berbeda beda soal denda resign, ada yg bilang 25 jt, ada yg bilang gaji pokok X sisa kontrak dan yg terkhir total gaji x sisa kontrak
Menurut saya langsung ke kanwil tempat lokasi penempatan mu aja
#Memangnya Batas Usia Maksimal Daftar Di BRI itu Berapa sih sebenarnya mas untuk Ijazah S1 , ,tp di persyaratan kok max 26 thn apa hanya formalitas , ,
FL ya 26 bro kalau PPS 27

Ya kalau FL emg 26 broo
Kalau PPS 27
Non kependidikan

target mantri bri itu jumlah nasabah ya mas?, misal ada yg nunggak itu target juga gak mas?
no, tapi jumlah nominal. misal di KCP Rp.12M
Mas, Saya kerja di BRI sbgai FL, status kontrak vendor Mutu*l++, kontrak 1 Tahun sudah jalan 7 bulan. Rencananya mau resign nanti diakhir kontrak. di PKWT akhir kontraknya per 31 Desember 2019 padahal saya mulai kerja dan ttd kontrak awal februari 2019 kalau gak salah tp kenapa akhir kontrak 1 tahunnya bulan desember? Apakah tidak masalah jika saya ngajuin resign 1 desember(one month notice) ? Ada pinaltyna tidak ya? Mohon bantuannya
Mas, saya mau nnya saya di kontrak 1 tahun dan udah 4 bulan jadi CS di BRI dan kebetulan belum pendidikan, kira2 kalau saya ajukan resign ttp kena denda pinalty kah ? Trus gaji kita selama 4 bulan itu kita kembalikan atau bagaimana mas ?
Mohon responnya mas
selama blm teken kontrak, ijazah blm di tahan, ga kena penalti.
Thank u mas... saya jenuh dengan jobdesc CS yg tdk jelas
Permisi mau tanya , sekarang kan saya sedang mengikuti seleksi menjadi mantri , untuk penempatan mantri biasanya apakah benar jauh dari domisili , apa di domisili tempat tinggal ya ? Soalnya waktu wawancara dengan pimpinan di bilangin apakah bersedia di tempatkan di banyuwangi , padahal itu jauh banget dari tempat tinggal huhuhuhu
kalo awal2 jd Mantri (masih kontrak / blm jd peg tetap) biasanya di tempatkan sesuai kebutuhan (bisa dekat rumah atau jauh, tergantung kebutuhan unit). TAPI, kalau sudah jadi peg tetap kalau pangkat mau di naikin lagi, biasanya di lempar keluar kota. senior saya dl di tempatkan di Putusibau - Kalimantan. bisa saja manajemen berubah sesuai kebtuhan mereka.
Mas saya mau tanya" tentang jobdesk DJS donk.. soalnya saya mau back up kerjaan djs nanti
kalo cm backup/gantiin sementara paling ga jauh urus kliring, print, dsb.
Gw jg mau keluar jd mantri krn alasannya ya gw yg ngerasain gmn jd mantri,apalagi skrg tambah mau pecah kepala...tp kluarga gw dan bini bilang pikir2 dlu,pdahal gw udh mikir dr dlu2 dan wajar sih krn kan kluarga dan bini gw ga tau gmn rasanya.
Tp gw jg bingung nti mau kerja apa dan usaha apa,walaupun gw yakin pst dikasih makanlah sm Tuhan.
semangat gan. ikhtiar & doa kencengin. ntar jg ada jalan. doa istri & orang tua menembus langit.
Sependapat sama lo gan, artikelnya bagus... malam ini ja dag dug hati ini besok mau ngomongin ke kacap mau risen, ane kerja di mandiri sebagai MBM 6 tahun di mandiri...rasanya campur aduk...tpi dri niat paling dalam mau fokus berbisnis, krna selama wfh semasa covid saya lebih nyaman dengn berbisnis. Krna yg saya cari kenyamanan..dan ketenangan...kalau segi income bisnis insyallah lebih berkah...maaf gan ane crta ngawur malam ni..
Masuk BRI Tahun 2011 masih pake kontrak pkss jadi IT Cabang Terus jadi Teller Cabang Terus Teller Kantor Kas 2012 Iseng Daftar Mantri Eh Lolos, Pas Interview dikanwil Sama hasil penempatan beda, Kelempar Jauh, Pindah Cabang Dari Cabang Awal, Mantri KUR Target 2,4M, dapat dibri unit yang sebelumnya mantrinya gagal target, terus jadi mantri ke2 gagal target juga di unit itu
Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Akhir dari Berkarir dan Memulai yang Baru

Akhir dari Berkarir dan Memulai yang Baru

Perjalanan seorang pegawai berubah arah menjadi seorang pebisnis demi keputusan hidup yang dia pilih, dan yang terbaik.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion