Dotycat.come Perjalanan Karir from Zero to Zero
Perjalanan Karir from Zero to Zero
Perjalanan Karir from Zero to Zero

Perjalanan Karir from Zero to Zero

- 8
Perjalanan karir di sebuah perusahaan dari tahun ketahun bukannya membaik malah memburuk. yah karir Gue berhenti setelah out of the box (resign). rasanya Gue ngga pernah cocok kerja di perusahaan karena sebagian besar dari mereka sewenang-wenang dan membuat Gue merasa ngga adil dengan kebijakan-kebijaknnya. hampir semua pekerja/pegawai merasakan hal yang sama (diperlakukan tidak adil) tapi banyak diantara mereka lebih memilih diam. Gue bukanlah tipe orang seperti itu, begitu merasa di perlakukan ngga adil, rasanya hati & pikiran TERGANGGU, kerja juga ngga semangat (males-malesan). dikantor juga sering menelan pil pait, misalnya : gontok-gontokan sama nasabah, diomelin atasan, hampir tonjok-tonjokan sama nasabah, bahkan Gue pernah ribut sama polisi demi mempertahankan manajemen perusahaan. Waktu itu yang jadi masalah adalah mengurus sisa harta hak ahli waris. mereka ngga mau mengikuti aturan yang katanya ribet. karena ini tugas dan menjadi manajemen perusahaan mau ngga mau mereka harus tunduk sekalipun mereka aparat negara. bukannya menjadi contoh yang baik malah menunjukkan keangkuhannya.

Well, bagi kalian yang belum mengalami menjadi karyawan/pegawai nikmati saja masa-masa belajarmu, kalo perlu sekalian belajar bisnis (jualan apa kek), nah begitu kamu lulus bisa bikin pekerjaan sendiri atau kalau masih takut, alangkah baiknya bekerja di perusahaan dulu itung-itung belajar manajemennya. Berbisnis atau Bekerja sebagai Karyawan itu pilihan, yang jelas harus menghasilkan uang. tapi perlu diketahui bekerja sesuai passsion itulah yang menuntun kearah kesuksesan, bukan kerja yang penting kerja, lah apa bedanya sama kera?, beruang?, anjing?, mereka juga bekerja loh. Nah kita sebagai manusia mahluk yang diciptakan paling sempurna diantara mahluk-mahluk Tuhan yang lain harus bisa lebih dari sekedar menghasilkan uang. contoh : menjadi bermanfaat buat yang lain :)



Well, bagi yang fresh graduate memang baiknya bekerja dulu seperti yang Gue lakukan saat itu. pelajari setiap apa yang kamu temui disana, dan jadikan bahan referensi untuk bisnismu kelak.
Sedangkan Gue sendiri udah banyak perusahaan yang Gue masuki dan pada akhirnya kembali ke 0 (jalan di bisnis). Gue mau cerita kapan Gue mulai bekerja, berhenti bekerja (sebagai karyawan) dan pada akhirnya memilih berbinis :

Waiters Restoran (2007)

Gue lulus SMK bulan Juni 2007 dikampung, kemudian agustus 2007 dipanggil Tante ke Jakarta untuk bekerja di sebuah resto jawa miliknya di mall plaza senayan. masuk kerja sekitar bulan oktober & Gue disini sebagai waiters tapi bukan waiters didepan yang nganterin makanan, nanya customer pesan makanan apa, tapi Gue sebagai tukang bersih-bersih. yah katakanlah OB (halah ribet amat :D). jadi pekerjaan Gue sehari-hari ngepel, cuci piring, mengupas kelapa pake parang (golok panjang), ngelap meja sebelum buka, ngelap kaca, dsb yang berhubungan dengan kebersihanlah pokoknya.
Kerja disini ada dua shift (pagi & siang). Gaji disini cuma Rp.350ribu perbulan itu juga ngga cukup buat biaya transportasi sehari-hari. dan untungnya Gue masih nebeng tinggal dirumah tante. jadi makan, tidur, ngga mikirin. selang beberapa hari resto tante Gue pindah ke gedung Pacific Place. singkatnya, jadi Gue disini bekerja hanya 40 hari. Btw, mungkin dari sini kalian bertanya tentang :
  • Gue keponakannya, kenapa ngga dikasih jabatan yang lebih ok?. apa lagi restonya punya tante sendiri?. ok Gue jawab : Gue saat itu tipikal orang yang agak manja (maklumlah anak terakhir, masih sweat seventen juga :p). dan tante tau karakter Gue. jadi disini sengaja mental Gue di gembleng habis. ya itu tadi dikasih pekerjaan kasar.
  • Ngga ada kata KKN meski saudara sendiri. ini yang diterapkan keluarga besar tante Gue. dimana anak-anaknya & seluruh saudaranya harus mengikuti aturan yang berlaku (dalam hal bekerja btw). Om & Tante sering bercerita masa-masa perjuangannya (pahit, asem, asin, manis). mereka berkata " perubahan besar dimulai dari yang terkecil " . kamu harus ikuti permainannya dan nikmati prosesnya. ngga ada kesuksesan secara instant, apalagi suksesnya nebeng. kamu akan tau sendiri bagaimana perjuangan hidup yang sebenarnya setelah kamu mencapai titik kesuksesan. Terangnya..
Cobaan saat itu, resto yang baru dibangun beberapa bulan akhirnya kolaps. karena uang proyek yang tersisa dibawa kabur pemborong sebesar Rp. 1M. akhirnya tante lebih memilih menjual seluruh aset restonya seharga Rp. 4M. dan untungnya setelah musibah itu, banyak perubahan positif besar dalam keluarganya dan masing-masing dalam keluarga punya bisnis sendiri-sendiri.
Sedangkan Gue sendiri tinggal disini selama 6 bulan. setelah itu ngeKos bareng temen. Nah muali dari sinilah petualangan Gue yang sebenarnya..

Conclusion #Capture 1

Gue belajar banyak dikeluarga tante. semua orang-orang dirumah pekerja keras. mereka suka bangun malam untuk tahajjud, ngaji, lanjut sampai shubuh, puasa senin-kamis, dhuhah, sedekah ngga pernah putus, kerja. banyak hal yang bisa Gue petik disini. satu kata dari Om yang masih melekat dalam ingatan Gue " Jangan mengeluh, kalau mengeluh sama Tuhan ".. dan sampai sekarang ini selalu Gue terapkan. lagipula mengeluh hanya menjadikan diri kita semakin lemah, bukannya semakin kuat. toh ada Tuhan yang mau mendengar keluhan kita. bukankah itu lebih baik? ;)

Tenaga Pengganti

Sempat nganggur beberapa hari, kemudian Gue dipanggil di sebuah perusahaan Outsourcing terkenal dan di sana Gue di jadikan sebagai tenaga pengganti. kebetulan Gue bisa komputer jadi bantu-bantu bagian Admin (input data pegawai outsourcing & payroll gaji). disinilah Gue mulai improve lebih tajam soal dunia komputing akuntansi. dan dari sini pula Gue ketemu gebetan baru yang pada akhirnuya dia menikah dengan orang lain (tanpa ngasih kabar, ngilang gitu aja & tiba-tiba udah nikah)... Saat itu Gue sibuk-sibuknya urus calon pekerja baru, ya yang paling excited ya mengurusi CV lamaran cewek-cewek wkwkwk. Gue liatin biografinya, gue catet nomor HPnya, hingga berujung pertemanan bahkan sampe ada yang jadi pacar. Gue tipikal orang yang selalu mencari celah biar bisa sambil menyelam minum air. so, sebisa mungkin memanfaatkan kesempatan yang ada :D

Kurir Bank

Masuk kerja sebagai kurir bank sekitar bulan februari 2008. dan maret 2008 Gue sambi kuliah. yap, inilah impian Gue saat masih kelas 2 SMK bisa " Kerja Sambil Kuliah ". disini Gue ambil kelas reguler jadi masuk kuliahnya jam 17.00 s/d 21.00 WIB. dan itu pun masuk kuliahnya 5 hari dalam seminggu. capek?, ya lumayan.. tapi ga mau Gue ambil pusing. jadi motivasinya adalah Gue bisa ketemu temen-temen baru, menimba ilmu, dan yang pasti Gue harus punya pacar :D

Well, sebagai kurir bank tugas Gue adalah nganter surat ke kantor wilayah, ke tempat nasabah, kantor pusat, dan terkadang ke unit (kalo urgent). disini penemapatannya memang di kantor cabang jadi sangat sibuk tapi begitu waktu menunjukkan jam 16.00 WIB Gue harus pulang karena ya kuliah itu. dan Bos Gue udah ngerti kok. jadi Gue sama Bos ini udah kayak temen baik aja. di kantor ya kita harus tahu posisi kita sebagai bawahannya, tapi diluar kantor dia menganggap Gue teman sepermainan. ini yang Gue demen banget sama Bos kayak gini. tahu memposisikan dirinya dan Gue juga harus begitu.
Ya intinya sama-sama mengerti. disini kerjaan Gue lumayan lama selama 4 tahun karena Gue harus lulus kuliah dulu baru resign (jujur udah ngga betah). dan akhirnya sekitar bulan maret 2011 Gue lulus kuliah bertepatan teken kontrak baru, akhirnya ngga Gue perpanjang. ya demi kuliah Gue harus bertahan setidaknya lulus dulu ;)

Alhamdulillah.. dari awal kuliah sampai lulus, bahkan biaya wisuda Gue tanggung sendiri tanpa melibatkan biaya dari orang tua dan pihak manapun (tak terkecuali tante). btw, awalnya Gue sempet mau dikuliahin tante tapi Gue ngga mau karena Gue punya rencana lain dan memang tinggal di rumahnya hanya beberapa bulan saja (6 bulan). apa lagi Gue tipe orang yang suka kebebasan, jadi kalo masih tinggal dirumah orang otomatis harus tunduk sama aturan-aturannya. pelajaran selama 6 bulan di rumah tante udah cukup merombak mental Gue yang saat itu masih agak manja. sejak saat itu Gue lebih suka ngadepin berbagai masalah dengan cara Gue sendiri, tapi kalo udah terpojok dan bener-bener buntu.. baru deh minta bantuan orang lain. Intinya utamakan kemampuan sendiri.

Marketing Konsumer Bank Mandiri

Nah inilah perjalanan Gue sebagai marketing bank. pernah Gue ulas lengkap disini dimana artikel itu tetap menjadi trending topik teratas di blog ini. ternyata banyak yang galau soal profesi ini. ya marketing adalah satu pekerjaan yang menguras mental & tenaga. disamping harus meyakinkan calon nasabah, kamu harus bisa closing target yang sudah ditentukan. kalo ngga, ya pasti di putus kontraknya. Gue disini ngga lama cuma 40 hari aja karena memang cukup memayahkan mental. anyway, dari sini Gue belajar banyak terutama soal mental. kamu tahu sendiri kan marketing itu seperti apa?. 
Ada beberapa orang bilang Marketing & Sales itu beda?. hei mereka ngga mengerti pekerjaan kita dan mereka hanya tau teori. Sales adalah memasarkan/jualan produknya, dan tugas Marketing adalah memperkenalkan produk-produknya saja. tapi apa yang Gue lakukan?, ya keduanya Gue lakukan. harus menguasai produk, mencari nasabah dan harus bisa closing.

Web Designer & SEO Specialist

Pekerjaan yang menyenangkan dan memang sesuai passion Gue. masih ditahun yang sama (2011) Gue improved skill lebih tajam di dunia Internet Marketing. jadi tugas Gue sehari-hari adalah membuat + mendesign website (untuk klien & kantor), kemudian mengoptimasi disisi SEO nya (Search Engine Optimization). Perusahaan ini memang bergerak di bidang software & hardware. yang berhubungan dengan IT semua ada disini. lumayan lengkap. belum lagi temen-temen disini juga opened, humble, jadi semakin betah aja. sayangnya Gue disini ngga sampe setahun Perusahaannya kolaps. padahal kita semua punya skill/ahli dibidang masing-masing, bahkan Manajer pun diambil dari lulusan Universitas di Australia. dan Bos kami juga lulusan Universitas di Jerman. sepengetahuan Gue kenapa Perusahaan ini bisa kolaps?, karena ke-egoisan Manajer & Big Bos serta amburadulnya manajemen perusahaan. yah pokoknya berantakan banget manajemennya. belum lagi si Bos doyan cewek.. udah pasti membawa dampak buruk pada Perusahaannya.

Awal Karir di Bank BRI

Sempet nganggur beberapa bulan karena perusahaan sebelumnya bangkrut dan setelah itu lumayan sulit mencari pekerjaan baru. menginjak bulan februari 2012 barulah Gue diterima kerja di bank sebagai Customer Service. begitu menginjak minggu kedua, Gue dipindah posisikan sebagai ADK (Administrasi Kredit). berjalan 1 bulan, lagi-lagi Gue dipindah posisikan sebagai DJS (Dana dan Jasa). lanjut minggu berikutnya akhirnya Gue dipindah ke Unit dan diberi posisi CS (lagi).
Jobdesk di CS punya banyak cerita yang lumayan panjang soal ngadepin nasabah-nasabah di depan. Nasabah Gue banyak yang aneh soalnya kebetulan lokasinya deket pasar & orang-orangnya juga sebagian besar orang pasar. aneh dalam arti pengennya serba cepet, dan ada yang budeg. Gue jelasin sampe pake spiker ha..he..ha..he. dan yang lebih aneh lagi adalah orang nanya ini-itu seputar produk-produk bank, habis itu pergi tanpa pamit (ngibrit gitu aja). anjritt sampe panas otak Gue cuk. Yah mau ngga mau harus lebih sabar.. :3


Well, menginjak bulan ke-6 Gue dipindah ke unit lain. dan posisi yang tadinya CS depan menjadi CS dalam (mengurusi Kredit & Administrasi) ya dengan kata lain BackOffice. kalo di Kantor Cabang namanya ADK. disini jobdesk Gue ngga cuma itu aja, tapi juga memback-up sebagai Petugas ATM. semakin menguasai pekerjaan, otomatis kamu akan semakin sibuk. yah itulah tradisi BRI. untuk mengenal lebih jauh apa saja yang Gue lakuin, berikut listnya :
  • Urus Administrasi. semua yang berhubungan dengan Adm Gue ikut andil dan kebetulan ada yang bantu yaitu CS Kur. kalo kamu ada diposisi ini, baiknya menjalin hubungan baik dengan CS Kur. karena bagaimana pun juga hanya dia yang siap membantu urusan kita.
  • Isi ATM. sebagai Petugas ATM harus lebih berhati-hati ketika menginput jumlah uangnya di mesin ATM. pernah salah 2x jadi jumlah uang yang dimasukin sama report yang keluar hasilnya berbeda. akhirnya mau ngga mau di revisi. dan ini memakan waktu luamayan lama. jadi berhati-hatilah Guys..
  • Pencairan Kredit. ya pekerjaan ini yang menurut Gue menyenangkan ya. karena kadang ada Fee dari nasabah sebagai ucapan terima kasih. nah kamu yang di posisi ini pasti cengar-cengir baca ini ahahaha. iyalah duit bakal buat Dating ada sendiri :D
Sekitar bulan Oktober 2013 ikut test mantri dan Alhamdulillah lolos. tapi entah kenapa Gue udah muak dengan semua ini?. Gue ngga bisa bekerja dalam ketidak nyamanan. banyak sih faktornya disamping Gue pengen buka bisnis sendiri. tapi ya udahlah akhirnya Gue memilih resign terhitung bulan Desember 2013. perjanjian kontrak kerja sebagai Mantri Gue batalin. dan seperti yang Kamu lihat sekarang Gue sibuk di Bisnis. so, inilah Perjalanan karir terakhir Gue. harusnya ya, Perjalanan karir from zero to hero. lah kok ini malah balik ke 0? hehehe
Btw, kalo dihitung-hitung 2007 - 2013 (kurang dari 6 tahun) Gue rasa cukup hidup sebagai karyawan.

Conclusion for All

Intinya, baik bekerja sebagai Karyawan maupun Berbisnis ada plus-minusnya. tapi asal kamu tahu, setinggi-tingginya jabatan, kamu masih tetap karyawan.. dan sekecil apapun Bisnismu ya kamu itulah Bosnya. Siapkan mental berlapis jika memang berniat terjun di dunia bisnis (dunia penuh ketidakpastian). jangan cengeng, jangan males, masalah dalam bisnis sudah pasti ada, hambatan beresiko kegagalan pun bakal kamu temui disini. siapkan mental baja karena semua proses perjalanan hidup yang sebenarnya ada di jalur ini.
Kalo mau mengabdi negara (PNS), atau mengabdi diperusahaan ya silahkan.. jadilah orang yang berdedikasi tinggi. jangan banyak nuntut tapi minim prestasi, banyak maunya kerja leha-leha, pengen gaji + tunjangan naik tapi kerja males-malesan.
Dan kalau mau jadi Pengusaha ya belajarlah jadi Pengusaha Profesional karena jenis bisnis apapun yang membuat beda dan lebih dekat dengan kesuksesan adalah tingkat dan kualitas layanannya.

8 Komentar

+ Tambahkan
Ya ampun jadi inget kerjaan gw dulu jd petugas atm di bri, kapan dan dimanapun hrs siap sedia, bahkan sampe ga ikut mudik gara2 harus ngisi atm. Huft.


hehehe ex BRI jg nih. salam kenal winda :)
Biasanya ane jarang komen, tp ane tertarik bacanya jd pengen sharing jg..
Salam kenal sebelumnya gan..:)

Cerita ente hampir persis sama kaya ane gan hehe, ane jg kayanya seumuran ama ente hahaha...
Ane jg kerja dari 2008 - 2013, tp ya gitu keluar masuk udah 5 perusahaan , rasanya gak nemu apa yg ane cari selama ini...lebih banyak ga cocoknya dibanding cocoknya..akhirnya ane beraniin buat buka usaha toko outdoor (kecil-kecilan) dan software house IT...Karena ane mau belajar mandiri, dan pengen punya hidup bs lebih bermanfaat buat org laen..

Alhamdulillah dua-duanya masih jalan dan bernafas ampe skg walau masih tertatih-tatih, dan jatoh bangun ane pertahanin. Sampe skg masih eksis di tahun ke 2.

Jujur aja ane masih belajar soal marketing dan manajemen, 2 hal yang masih jd kendala ane ngembangin bisnis ane gan...

Oya kapan-kapan klo lokasi ente deket mah, kt sharing sambil ngopi-ngopi hehe ane pgn belajar marketing dan sales ama ente gan haha ...

*oya ane di pondok kelapa jaktim gan
senasib nih kayaknya :P
hahaha ane bukan mastah gan, itu jg jd marketing bentaran. oh.. boleh-boleh.. siapa tau cocok ya jd partner bisnis?. pondok kelapa mah deket gan. PM ane aja di sini
Mantap Bro
Cuma saya kterusan keeja sdh 20 th
Bru pengen bisnis,telat ga ya,?
Boleh main2 ke blog saya
deddyazwar5.wordpress.com
Dan panglaris.wordpress.com
wah berarti bapak udah senior banget donk ya? hehe
kalo soal telat ga telat, itu hak pribadi sih pak. kapan mau buka bisnis. tp kebanyakan orang baru buka bisnis saat usia 30th keatas.

Terima kasih pak sudah berkunjung & komentar. sukses sama bisnisnya pak! (y)
Mas fajar, kalau mantri itu pakai target juga ya !??
iya donk. kalo di unit ga banyak sih.. antara 2-3M/tahun. itu jg 2012-2013. gatau ya kalo skrg. mungkin ada kenaikan target.
Tambahkan Komentar

Mohon tidak spam. komentar selalu saya moderasi.


Perjalanan Karir from Zero to Zero

Perjalanan Karir from Zero to Zero

Perjalanan karir dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya dan pada akhirnya lebih memilih berbisnis.
DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion DotyCat - Teaching is Our Passion